Style 1

Kisah Imam Syafii Memilih Antara Ilmu Agama atau Syair - Edisi 7-vi-22

Download [PDF]

“Wahai kaum muslimin. Sesungguhnya tidak ada harta yang lebih mulia dan berguna selain ilmu. Tidak ada yang lebih menguntungkan selain adab kesopanan. Tidak ada yang lebih berguna selain akal, tidak ada yang lebih buruk selain sifat pelit,” kata Imam Syafi’i.

“Wahai Imam Syafi’i, Tuan memiliki bakat yang hebat sebagai seorang penyair. Kehebatan Tuan melebihi saya. Tuan akan sangat rugi jika tuan menyia-nyiakan bakat itu,” kata Mus’ab sambil membujuk Imam Syafi’i agar kembali mengarang dan mendeklamasikan puisi.

“Wahai guruku Mus’ab, sesungguhnya saya lebih tertarik pada ilmu agama sehingga saya tidak dapat memberi perhatian penuh pada sastra,” kata Imam Syafi’i pula.

“Tuan cukup memberi dukungan kepada kami, golongan penyair, dengan sesekali mendampingi kami dan menghadiri majelis deklamasi puisi,” pinta Mus’ab. Imam Syafi’i lantas menyetujuinya.

Tidak lama kemudian diadakan pertandingan membaca syair di pasar ‘Ukaz. Banyak temannya yang mendesak Imam Syafi’i untuk mengikuti pertandingan itu. Imam Syafi’i tidak mau menolak permintaan mereka. Akhirnya, Imam Syafi’i mengikuti pertandingan itu.

la membacakan sebuah syair Kabilah Huzail yang panjang. Sebelum itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghafal syair tersebut karena syair itu terlalu panjang. Namun, Imam Syafi’i dapat menghafalnya tanpa kurang sepatah kata pun. Akhirnya, ia menjadi juara dengan mengalahkan gurunya Mus’ab. Imam Syafi’i mendapat hadiah berupa uang dan pakaian yang mahal, tetapi semua hadiah itu diberikan kepada teman-temannya ya memerlukan.

“Saya mengikuti pertandingan itu bukan ingin merebut hadiahnya, tetapi sekadar memenuhi permintaan kamu,” kata Imam Syafi’i.

Karena kehebatannya, ia menjadi tempat rujukan penyair yang ingin mengkaji puisi Arab terutama puisi kabilah Huzail. Namun, minat Imam Syafi’i adalah mempelajari ilmu agama.

Sumber :

Latip Talib, Abdul. 2010. Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran. Selangor, Malaysia : Penerbit Erlangga. Hlm. 57-58

Inilah Rahasia Bahan Pembangunan Piramida Mesir - Edisi 6-V-22

Download [PDF]

Skrip Inilah Rahasia Bahan Konstruksi Pembangunan Piramida Mesir :

Berabad-abad lamanya para ilmuan belum bisa memecahkan rahasia pembangunan piramida di Mesir yang terkenal karena kekohohan bangunannya selama ribuan tahun. Namun, dengan penelitian modern baru-baru ini, masalah ini mulai terjawab dan ajaibnya hal ini diterangkan secara jelas melalui informasi dalam kitab suci ribuan tahun yang lalu sebelum para ilmuan menemukannya.

Dalam koran New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan penemuan ilmiah yang menginformasikan bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramid! Penelitian menyebutkan bahwa batu yang dibuat untuk membangun piramid itu adalah tanah liat yang dipanaskan sehingga membentuk batuan keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya. Disebutkan juga Firaun pada saat itu sangat mahir dalam ilmu kimia untuk memperoses tanah liat menjadi batu yang kokoh yang digunakan sebagai bahan pembangunan piramid.

Profesor Gilles Hug dan Michel Barsoum mengatakan bahwa pembangunan piramida yang paling besar yaitu piramida Giza, dibangun menggunakan dua jenis batu; batu asli dan batu-batu yang dibuat dari olahan tanah liat.

Pada penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Journal of American Ceramic Society, Firaun mengguankan sejenis Slurry (bubur semen dari lumpur) untuk membangun monumen yang tinggi termasuk piramid. Sementara untuk dasar bangunannya digunakan batu alam. Ilmuan asal Perancis Profesor Joseph Davidovits, menjelaskan bahwa batu piramid yang ternyata berasal dari unsur tanah dan lumpur, ia mengatakan :

“Setelah melakukan beberapa uji coba dan eksperimen terhadap batu-batu piramida, begitu juga dengan lapisan dindingnya, saya katakan bahwa, batu-batu piramida tersebut ternyata terdiri dari unsur elemen tanah dan lumpur terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.”

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Pembuatan Piramid

SubhnAllah.. penemuan ilmuan terkini mengenai pembangunan piramid di Mesir jauh-jauh hari telah di informasikan dalam Al Quran 14 abad yang lalu, pembuatan bangunan-bangunan yang tinggi seperti Piramid pada masa itu menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya.

Allah Swt. berfirman :

“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta”. (QS. Al-Qashash: 38)

Sumber :

  • Study Says That Egypt’s Pyramids May Include Early Use of Concrete http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
  • The Surprising Truth About How the Great Pyramids Were Built http://www.livescience.com/1554-surprising-truth-great-pyramids-built.html
  • Pembuatan Piramida Menurut Alquran http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso45-pembuatan-piramida-menurut-alquran

Inilah bentuk detail fotorafi makro mata makhluk hidup

Download [PDF]

Skrip Inilah Bentuk Detail Fotografi Makro Mata Makhluk Hidup dengan Resolusi Tinggi :

Lahir pada tahun 1976, Suren Manvelyan mulai memotret ketika ia berumur enam belas tahun dan menjadi fotografer profesional pada tahun 2006. Kiprah fotografinya ia dedikasikan untuk memotret foto makro, proyek foto kreatif, pemandangan dan banyak lagi. Foto Suren telah diterbitkan di berbagai majalah dan koran di Armenia dan di seluruh dunia.

Proyeknya yang bernama Your Beautiful Eyes, saat ini menjadi yang paling banyak dilihat saat ini di Behance dengan mencapai 4.011.427 viewers dan merupakan proyek kedua yang paling ‘dihargai’ sepanjang masa dengan 87.704 likes (terakhir kali saat diakses pada 12 Mei 2015).

Suren menerima gelar PhD dalam Fisika Teoritis dari Universitas Negeri Yerevan pada tahun 2001 di mana penelitiannya berfokus pada Quantum Chaos. Ia menerima penghargaan dari Presiden Republik Armenia dalam penelitian di bidang teknologi kuantum.

Maha Kuasa Allah atas segala yang diciptakan-Nya, SubhanAllah…

“…Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

(QS. al-Mulk : 3-4)

Sumber :

 

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Lebah & Sarangnya :

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika

Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara Komunikasi Antar Lebah yang Menakjubkan

Lebah memiliki alat komunikasi yang sangat unik dan sulit dipercaya. Komunikasi unik ini terjadi setelah lebah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Ketika lebah kembali dari sumber makanan, mereka menari di sarangnya. Lebah melakukan tarian ketika sumber makanan ada di dekatnya. Lebah membuat dua garis setengah lingkaran, kemudian kembali ke titik awal.

Lebah juga menunjukkan tarian berbentuk garis bergelombang setengah lingkaran berbentuk angka delapan untuk memberikan informasi tentang jarak dari sumber makanan.

Mata lebah yang bisa merasakan sinar ultraviolet

Mata lebah diciptakan untuk merasakan sinar ultraviolet. Dengan cara ini, sinar ultraviolet yang tercermin dari kelopak bunga akan memberitahukan lebah terbang pada koordinat di mana mereka menemukan bunga yang dipenuhi serbuk sari.

Keajaiban struktur sarang lebah

Para ilmuwan meneliti struktur sempurna sarang lebah ini memiliki perhitungan matematis mengagumkan yang dilakukan sedemikian rupa dan sangat kompleks. Ini adalah desain yang membutuhkan kejelian matematika paling rumit.

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.

Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak manfaat

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Keajaiban Al Qur’an mengenai lebah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan, bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 68-69)

Sumber :

Ensiklopedia mukjizat ilmiah Al Qur’an 14 : Keajaiban lebah / Harun Yahya ; penerjemah, Vicky Nurhayati ; editor, Rizki J. Suherman. Bandung : Sygma Creative Media, 2016

Keajaiban Kristal Es

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Kristal Es | Mading Online Edisi #3/IV/22 :

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi berbagai banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air.

Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya manusia, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tidak hanya itu, sebagian besar planet bumi juga tertutupi oleh air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tahukah Anda bahwasannya air memiliki keajaiban yang sangat luar biasa?

Seorang ilmuwan Jepang, Dr Masaru Emoto telah melakukan penelitian tentang perilaku air dalam bentuk kristal es. Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.

Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop). Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara.

Hasilnya luar biasa, air memang hidup! Dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik / compact disk.

Ketika diuji dengan mengucapkan kata-kata seperti “cinta dan terima kasih” maka hasil foto kristal airnya sungguh dahsyat yakni membentuk kristal air heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika kita mengatakan pada air kalimat “kamu bodoh” maka tidak akan membentuk kristal bahkan gambarnya jelek sekali.

Sumber :

  • Masaru, Emoto. 2007. The true power of water hikmah air dalam olahan jiwa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Masaru, Emoto. 2006. The Hidden Message in Water: Pesan Rahasia Sang Air. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut yang Jarang Diketahui - Mading Online Edisi #2IV22

Download [PDF]

Skrip Tulisan Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut | Mading Online Edisi #2/IV/22

Keterbatasan manusia dalam melakukan eksplorasi di kedalaman laut tanpa menggunakan teknologi khusus, menjadi penghalang bagi para ilmuan untuk mendapatkan informasi penting seperti apa kondisi di dasar laut yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu menyelam dibawah kedalaman lebih dari 30 meter disebabkan bertambahnya tekanan air pada tubuh penyelam mempengaruhi kerja otaknya, sehingga ia kehilangan kontrol terhadap geraknya. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk menyelami dasar laut di kedalaman yang bisa mencapai 200 meter, bahkan 1000 meter.

Dalam publikasi ilmiah berjudul Oceans, sekolompok ilmuan mendeskripsikan keadaan di dasar laut sebagai berikut:

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali.

(Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Oceans, London, Mitchell Beazley Publishers, s. 27)

Ada Gelombang Ombak di Dasar Laut

Penelitian ilmuan baru-baru ini, mereka menemukan sesuatu yang unik, yaitu adanya gelombang di dasar lautan, hal ini dapat ditemukan pada lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.

Gelombang di kedalaman laut ini disebut gelombang internal (internal waves), di mana terdapat pada wilayah perairan di kedalaman laut dan samudra. Pada kedalaman ini, air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal biasanya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1993, Oceanography, a View of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc., s. 205)

Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an

Sungguh Maha Benar Allah atas segala FirmanNya, dikala teknologi kapal selam belum ditemukan, informasi Al Qur’an 1400 tahu lalu tentang keadaan di dasar lautan seperti yang kita paparkan diatas sangatlah berkesusaian dengan penemuan ilmiah saat ini.

Ini adalah bukti, bahwa Al Qur’an adalah Firman Allah SWT yang mutlak benar, dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

(Al Qur’an An-Nur 24:40)

SubhanAllah…

Mading Online Edisi #2/IV/22

Disusun oleh @ardiyansyahdotcom

Sumber :

  • http://www.keajaibanalquran.com/earth_darkness.html
  • https://www.islam-guide.com/ch1-1-f.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=x7GXLJQ2Zn0
  • https://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=1224
  • http://www.al-habib.info/review/al-quran-kegelapan-lautan.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=39Av1dp-esQ

Style 2

Kisah Imam Syafii Memilih Antara Ilmu Agama atau Syair - Edisi 7-vi-22

Download [PDF]

“Wahai kaum muslimin. Sesungguhnya tidak ada harta yang lebih mulia dan berguna selain ilmu. Tidak ada yang lebih menguntungkan selain adab kesopanan. Tidak ada yang lebih berguna selain akal, tidak ada yang lebih buruk selain sifat pelit,” kata Imam Syafi’i.

“Wahai Imam Syafi’i, Tuan memiliki bakat yang hebat sebagai seorang penyair. Kehebatan Tuan melebihi saya. Tuan akan sangat rugi jika tuan menyia-nyiakan bakat itu,” kata Mus’ab sambil membujuk Imam Syafi’i agar kembali mengarang dan mendeklamasikan puisi.

“Wahai guruku Mus’ab, sesungguhnya saya lebih tertarik pada ilmu agama sehingga saya tidak dapat memberi perhatian penuh pada sastra,” kata Imam Syafi’i pula.

“Tuan cukup memberi dukungan kepada kami, golongan penyair, dengan sesekali mendampingi kami dan menghadiri majelis deklamasi puisi,” pinta Mus’ab. Imam Syafi’i lantas menyetujuinya.

Tidak lama kemudian diadakan pertandingan membaca syair di pasar ‘Ukaz. Banyak temannya yang mendesak Imam Syafi’i untuk mengikuti pertandingan itu. Imam Syafi’i tidak mau menolak permintaan mereka. Akhirnya, Imam Syafi’i mengikuti pertandingan itu.

la membacakan sebuah syair Kabilah Huzail yang panjang. Sebelum itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghafal syair tersebut karena syair itu terlalu panjang. Namun, Imam Syafi’i dapat menghafalnya tanpa kurang sepatah kata pun. Akhirnya, ia menjadi juara dengan mengalahkan gurunya Mus’ab. Imam Syafi’i mendapat hadiah berupa uang dan pakaian yang mahal, tetapi semua hadiah itu diberikan kepada teman-temannya ya memerlukan.

“Saya mengikuti pertandingan itu bukan ingin merebut hadiahnya, tetapi sekadar memenuhi permintaan kamu,” kata Imam Syafi’i.

Karena kehebatannya, ia menjadi tempat rujukan penyair yang ingin mengkaji puisi Arab terutama puisi kabilah Huzail. Namun, minat Imam Syafi’i adalah mempelajari ilmu agama.

Sumber :

Latip Talib, Abdul. 2010. Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran. Selangor, Malaysia : Penerbit Erlangga. Hlm. 57-58

Inilah Rahasia Bahan Pembangunan Piramida Mesir - Edisi 6-V-22

Download [PDF]

Skrip Inilah Rahasia Bahan Konstruksi Pembangunan Piramida Mesir :

Berabad-abad lamanya para ilmuan belum bisa memecahkan rahasia pembangunan piramida di Mesir yang terkenal karena kekohohan bangunannya selama ribuan tahun. Namun, dengan penelitian modern baru-baru ini, masalah ini mulai terjawab dan ajaibnya hal ini diterangkan secara jelas melalui informasi dalam kitab suci ribuan tahun yang lalu sebelum para ilmuan menemukannya.

Dalam koran New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan penemuan ilmiah yang menginformasikan bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramid! Penelitian menyebutkan bahwa batu yang dibuat untuk membangun piramid itu adalah tanah liat yang dipanaskan sehingga membentuk batuan keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya. Disebutkan juga Firaun pada saat itu sangat mahir dalam ilmu kimia untuk memperoses tanah liat menjadi batu yang kokoh yang digunakan sebagai bahan pembangunan piramid.

Profesor Gilles Hug dan Michel Barsoum mengatakan bahwa pembangunan piramida yang paling besar yaitu piramida Giza, dibangun menggunakan dua jenis batu; batu asli dan batu-batu yang dibuat dari olahan tanah liat.

Pada penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Journal of American Ceramic Society, Firaun mengguankan sejenis Slurry (bubur semen dari lumpur) untuk membangun monumen yang tinggi termasuk piramid. Sementara untuk dasar bangunannya digunakan batu alam. Ilmuan asal Perancis Profesor Joseph Davidovits, menjelaskan bahwa batu piramid yang ternyata berasal dari unsur tanah dan lumpur, ia mengatakan :

“Setelah melakukan beberapa uji coba dan eksperimen terhadap batu-batu piramida, begitu juga dengan lapisan dindingnya, saya katakan bahwa, batu-batu piramida tersebut ternyata terdiri dari unsur elemen tanah dan lumpur terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.”

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Pembuatan Piramid

SubhnAllah.. penemuan ilmuan terkini mengenai pembangunan piramid di Mesir jauh-jauh hari telah di informasikan dalam Al Quran 14 abad yang lalu, pembuatan bangunan-bangunan yang tinggi seperti Piramid pada masa itu menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya.

Allah Swt. berfirman :

“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta”. (QS. Al-Qashash: 38)

Sumber :

  • Study Says That Egypt’s Pyramids May Include Early Use of Concrete http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
  • The Surprising Truth About How the Great Pyramids Were Built http://www.livescience.com/1554-surprising-truth-great-pyramids-built.html
  • Pembuatan Piramida Menurut Alquran http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso45-pembuatan-piramida-menurut-alquran

Inilah bentuk detail fotorafi makro mata makhluk hidup

Download [PDF]

Skrip Inilah Bentuk Detail Fotografi Makro Mata Makhluk Hidup dengan Resolusi Tinggi :

Lahir pada tahun 1976, Suren Manvelyan mulai memotret ketika ia berumur enam belas tahun dan menjadi fotografer profesional pada tahun 2006. Kiprah fotografinya ia dedikasikan untuk memotret foto makro, proyek foto kreatif, pemandangan dan banyak lagi. Foto Suren telah diterbitkan di berbagai majalah dan koran di Armenia dan di seluruh dunia.

Proyeknya yang bernama Your Beautiful Eyes, saat ini menjadi yang paling banyak dilihat saat ini di Behance dengan mencapai 4.011.427 viewers dan merupakan proyek kedua yang paling ‘dihargai’ sepanjang masa dengan 87.704 likes (terakhir kali saat diakses pada 12 Mei 2015).

Suren menerima gelar PhD dalam Fisika Teoritis dari Universitas Negeri Yerevan pada tahun 2001 di mana penelitiannya berfokus pada Quantum Chaos. Ia menerima penghargaan dari Presiden Republik Armenia dalam penelitian di bidang teknologi kuantum.

Maha Kuasa Allah atas segala yang diciptakan-Nya, SubhanAllah…

“…Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

(QS. al-Mulk : 3-4)

Sumber :

 

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Lebah & Sarangnya :

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika

Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara Komunikasi Antar Lebah yang Menakjubkan

Lebah memiliki alat komunikasi yang sangat unik dan sulit dipercaya. Komunikasi unik ini terjadi setelah lebah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Ketika lebah kembali dari sumber makanan, mereka menari di sarangnya. Lebah melakukan tarian ketika sumber makanan ada di dekatnya. Lebah membuat dua garis setengah lingkaran, kemudian kembali ke titik awal.

Lebah juga menunjukkan tarian berbentuk garis bergelombang setengah lingkaran berbentuk angka delapan untuk memberikan informasi tentang jarak dari sumber makanan.

Mata lebah yang bisa merasakan sinar ultraviolet

Mata lebah diciptakan untuk merasakan sinar ultraviolet. Dengan cara ini, sinar ultraviolet yang tercermin dari kelopak bunga akan memberitahukan lebah terbang pada koordinat di mana mereka menemukan bunga yang dipenuhi serbuk sari.

Keajaiban struktur sarang lebah

Para ilmuwan meneliti struktur sempurna sarang lebah ini memiliki perhitungan matematis mengagumkan yang dilakukan sedemikian rupa dan sangat kompleks. Ini adalah desain yang membutuhkan kejelian matematika paling rumit.

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.

Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak manfaat

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Keajaiban Al Qur’an mengenai lebah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan, bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 68-69)

Sumber :

Ensiklopedia mukjizat ilmiah Al Qur’an 14 : Keajaiban lebah / Harun Yahya ; penerjemah, Vicky Nurhayati ; editor, Rizki J. Suherman. Bandung : Sygma Creative Media, 2016

Keajaiban Kristal Es

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Kristal Es | Mading Online Edisi #3/IV/22 :

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi berbagai banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air.

Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya manusia, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tidak hanya itu, sebagian besar planet bumi juga tertutupi oleh air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tahukah Anda bahwasannya air memiliki keajaiban yang sangat luar biasa?

Seorang ilmuwan Jepang, Dr Masaru Emoto telah melakukan penelitian tentang perilaku air dalam bentuk kristal es. Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.

Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop). Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara.

Hasilnya luar biasa, air memang hidup! Dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik / compact disk.

Ketika diuji dengan mengucapkan kata-kata seperti “cinta dan terima kasih” maka hasil foto kristal airnya sungguh dahsyat yakni membentuk kristal air heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika kita mengatakan pada air kalimat “kamu bodoh” maka tidak akan membentuk kristal bahkan gambarnya jelek sekali.

Sumber :

  • Masaru, Emoto. 2007. The true power of water hikmah air dalam olahan jiwa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Masaru, Emoto. 2006. The Hidden Message in Water: Pesan Rahasia Sang Air. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut yang Jarang Diketahui - Mading Online Edisi #2IV22

Download [PDF]

Skrip Tulisan Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut | Mading Online Edisi #2/IV/22

Keterbatasan manusia dalam melakukan eksplorasi di kedalaman laut tanpa menggunakan teknologi khusus, menjadi penghalang bagi para ilmuan untuk mendapatkan informasi penting seperti apa kondisi di dasar laut yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu menyelam dibawah kedalaman lebih dari 30 meter disebabkan bertambahnya tekanan air pada tubuh penyelam mempengaruhi kerja otaknya, sehingga ia kehilangan kontrol terhadap geraknya. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk menyelami dasar laut di kedalaman yang bisa mencapai 200 meter, bahkan 1000 meter.

Dalam publikasi ilmiah berjudul Oceans, sekolompok ilmuan mendeskripsikan keadaan di dasar laut sebagai berikut:

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali.

(Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Oceans, London, Mitchell Beazley Publishers, s. 27)

Ada Gelombang Ombak di Dasar Laut

Penelitian ilmuan baru-baru ini, mereka menemukan sesuatu yang unik, yaitu adanya gelombang di dasar lautan, hal ini dapat ditemukan pada lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.

Gelombang di kedalaman laut ini disebut gelombang internal (internal waves), di mana terdapat pada wilayah perairan di kedalaman laut dan samudra. Pada kedalaman ini, air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal biasanya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1993, Oceanography, a View of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc., s. 205)

Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an

Sungguh Maha Benar Allah atas segala FirmanNya, dikala teknologi kapal selam belum ditemukan, informasi Al Qur’an 1400 tahu lalu tentang keadaan di dasar lautan seperti yang kita paparkan diatas sangatlah berkesusaian dengan penemuan ilmiah saat ini.

Ini adalah bukti, bahwa Al Qur’an adalah Firman Allah SWT yang mutlak benar, dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

(Al Qur’an An-Nur 24:40)

SubhanAllah…

Mading Online Edisi #2/IV/22

Disusun oleh @ardiyansyahdotcom

Sumber :

  • http://www.keajaibanalquran.com/earth_darkness.html
  • https://www.islam-guide.com/ch1-1-f.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=x7GXLJQ2Zn0
  • https://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=1224
  • http://www.al-habib.info/review/al-quran-kegelapan-lautan.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=39Av1dp-esQ

Style 3

Kisah Imam Syafii Memilih Antara Ilmu Agama atau Syair - Edisi 7-vi-22

Download [PDF]

“Wahai kaum muslimin. Sesungguhnya tidak ada harta yang lebih mulia dan berguna selain ilmu. Tidak ada yang lebih menguntungkan selain adab kesopanan. Tidak ada yang lebih berguna selain akal, tidak ada yang lebih buruk selain sifat pelit,” kata Imam Syafi’i.

“Wahai Imam Syafi’i, Tuan memiliki bakat yang hebat sebagai seorang penyair. Kehebatan Tuan melebihi saya. Tuan akan sangat rugi jika tuan menyia-nyiakan bakat itu,” kata Mus’ab sambil membujuk Imam Syafi’i agar kembali mengarang dan mendeklamasikan puisi.

“Wahai guruku Mus’ab, sesungguhnya saya lebih tertarik pada ilmu agama sehingga saya tidak dapat memberi perhatian penuh pada sastra,” kata Imam Syafi’i pula.

“Tuan cukup memberi dukungan kepada kami, golongan penyair, dengan sesekali mendampingi kami dan menghadiri majelis deklamasi puisi,” pinta Mus’ab. Imam Syafi’i lantas menyetujuinya.

Tidak lama kemudian diadakan pertandingan membaca syair di pasar ‘Ukaz. Banyak temannya yang mendesak Imam Syafi’i untuk mengikuti pertandingan itu. Imam Syafi’i tidak mau menolak permintaan mereka. Akhirnya, Imam Syafi’i mengikuti pertandingan itu.

la membacakan sebuah syair Kabilah Huzail yang panjang. Sebelum itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghafal syair tersebut karena syair itu terlalu panjang. Namun, Imam Syafi’i dapat menghafalnya tanpa kurang sepatah kata pun. Akhirnya, ia menjadi juara dengan mengalahkan gurunya Mus’ab. Imam Syafi’i mendapat hadiah berupa uang dan pakaian yang mahal, tetapi semua hadiah itu diberikan kepada teman-temannya ya memerlukan.

“Saya mengikuti pertandingan itu bukan ingin merebut hadiahnya, tetapi sekadar memenuhi permintaan kamu,” kata Imam Syafi’i.

Karena kehebatannya, ia menjadi tempat rujukan penyair yang ingin mengkaji puisi Arab terutama puisi kabilah Huzail. Namun, minat Imam Syafi’i adalah mempelajari ilmu agama.

Sumber :

Latip Talib, Abdul. 2010. Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran. Selangor, Malaysia : Penerbit Erlangga. Hlm. 57-58

Inilah Rahasia Bahan Pembangunan Piramida Mesir - Edisi 6-V-22

Download [PDF]

Skrip Inilah Rahasia Bahan Konstruksi Pembangunan Piramida Mesir :

Berabad-abad lamanya para ilmuan belum bisa memecahkan rahasia pembangunan piramida di Mesir yang terkenal karena kekohohan bangunannya selama ribuan tahun. Namun, dengan penelitian modern baru-baru ini, masalah ini mulai terjawab dan ajaibnya hal ini diterangkan secara jelas melalui informasi dalam kitab suci ribuan tahun yang lalu sebelum para ilmuan menemukannya.

Dalam koran New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan penemuan ilmiah yang menginformasikan bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramid! Penelitian menyebutkan bahwa batu yang dibuat untuk membangun piramid itu adalah tanah liat yang dipanaskan sehingga membentuk batuan keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya. Disebutkan juga Firaun pada saat itu sangat mahir dalam ilmu kimia untuk memperoses tanah liat menjadi batu yang kokoh yang digunakan sebagai bahan pembangunan piramid.

Profesor Gilles Hug dan Michel Barsoum mengatakan bahwa pembangunan piramida yang paling besar yaitu piramida Giza, dibangun menggunakan dua jenis batu; batu asli dan batu-batu yang dibuat dari olahan tanah liat.

Pada penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Journal of American Ceramic Society, Firaun mengguankan sejenis Slurry (bubur semen dari lumpur) untuk membangun monumen yang tinggi termasuk piramid. Sementara untuk dasar bangunannya digunakan batu alam. Ilmuan asal Perancis Profesor Joseph Davidovits, menjelaskan bahwa batu piramid yang ternyata berasal dari unsur tanah dan lumpur, ia mengatakan :

“Setelah melakukan beberapa uji coba dan eksperimen terhadap batu-batu piramida, begitu juga dengan lapisan dindingnya, saya katakan bahwa, batu-batu piramida tersebut ternyata terdiri dari unsur elemen tanah dan lumpur terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.”

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Pembuatan Piramid

SubhnAllah.. penemuan ilmuan terkini mengenai pembangunan piramid di Mesir jauh-jauh hari telah di informasikan dalam Al Quran 14 abad yang lalu, pembuatan bangunan-bangunan yang tinggi seperti Piramid pada masa itu menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya.

Allah Swt. berfirman :

“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta”. (QS. Al-Qashash: 38)

Sumber :

  • Study Says That Egypt’s Pyramids May Include Early Use of Concrete http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
  • The Surprising Truth About How the Great Pyramids Were Built http://www.livescience.com/1554-surprising-truth-great-pyramids-built.html
  • Pembuatan Piramida Menurut Alquran http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso45-pembuatan-piramida-menurut-alquran

Inilah bentuk detail fotorafi makro mata makhluk hidup

Download [PDF]

Skrip Inilah Bentuk Detail Fotografi Makro Mata Makhluk Hidup dengan Resolusi Tinggi :

Lahir pada tahun 1976, Suren Manvelyan mulai memotret ketika ia berumur enam belas tahun dan menjadi fotografer profesional pada tahun 2006. Kiprah fotografinya ia dedikasikan untuk memotret foto makro, proyek foto kreatif, pemandangan dan banyak lagi. Foto Suren telah diterbitkan di berbagai majalah dan koran di Armenia dan di seluruh dunia.

Proyeknya yang bernama Your Beautiful Eyes, saat ini menjadi yang paling banyak dilihat saat ini di Behance dengan mencapai 4.011.427 viewers dan merupakan proyek kedua yang paling ‘dihargai’ sepanjang masa dengan 87.704 likes (terakhir kali saat diakses pada 12 Mei 2015).

Suren menerima gelar PhD dalam Fisika Teoritis dari Universitas Negeri Yerevan pada tahun 2001 di mana penelitiannya berfokus pada Quantum Chaos. Ia menerima penghargaan dari Presiden Republik Armenia dalam penelitian di bidang teknologi kuantum.

Maha Kuasa Allah atas segala yang diciptakan-Nya, SubhanAllah…

“…Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

(QS. al-Mulk : 3-4)

Sumber :

 

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Lebah & Sarangnya :

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika

Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara Komunikasi Antar Lebah yang Menakjubkan

Lebah memiliki alat komunikasi yang sangat unik dan sulit dipercaya. Komunikasi unik ini terjadi setelah lebah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Ketika lebah kembali dari sumber makanan, mereka menari di sarangnya. Lebah melakukan tarian ketika sumber makanan ada di dekatnya. Lebah membuat dua garis setengah lingkaran, kemudian kembali ke titik awal.

Lebah juga menunjukkan tarian berbentuk garis bergelombang setengah lingkaran berbentuk angka delapan untuk memberikan informasi tentang jarak dari sumber makanan.

Mata lebah yang bisa merasakan sinar ultraviolet

Mata lebah diciptakan untuk merasakan sinar ultraviolet. Dengan cara ini, sinar ultraviolet yang tercermin dari kelopak bunga akan memberitahukan lebah terbang pada koordinat di mana mereka menemukan bunga yang dipenuhi serbuk sari.

Keajaiban struktur sarang lebah

Para ilmuwan meneliti struktur sempurna sarang lebah ini memiliki perhitungan matematis mengagumkan yang dilakukan sedemikian rupa dan sangat kompleks. Ini adalah desain yang membutuhkan kejelian matematika paling rumit.

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.

Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak manfaat

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Keajaiban Al Qur’an mengenai lebah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan, bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 68-69)

Sumber :

Ensiklopedia mukjizat ilmiah Al Qur’an 14 : Keajaiban lebah / Harun Yahya ; penerjemah, Vicky Nurhayati ; editor, Rizki J. Suherman. Bandung : Sygma Creative Media, 2016

Keajaiban Kristal Es

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Kristal Es | Mading Online Edisi #3/IV/22 :

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi berbagai banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air.

Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya manusia, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tidak hanya itu, sebagian besar planet bumi juga tertutupi oleh air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tahukah Anda bahwasannya air memiliki keajaiban yang sangat luar biasa?

Seorang ilmuwan Jepang, Dr Masaru Emoto telah melakukan penelitian tentang perilaku air dalam bentuk kristal es. Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.

Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop). Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara.

Hasilnya luar biasa, air memang hidup! Dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik / compact disk.

Ketika diuji dengan mengucapkan kata-kata seperti “cinta dan terima kasih” maka hasil foto kristal airnya sungguh dahsyat yakni membentuk kristal air heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika kita mengatakan pada air kalimat “kamu bodoh” maka tidak akan membentuk kristal bahkan gambarnya jelek sekali.

Sumber :

  • Masaru, Emoto. 2007. The true power of water hikmah air dalam olahan jiwa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Masaru, Emoto. 2006. The Hidden Message in Water: Pesan Rahasia Sang Air. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut yang Jarang Diketahui - Mading Online Edisi #2IV22

Download [PDF]

Skrip Tulisan Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut | Mading Online Edisi #2/IV/22

Keterbatasan manusia dalam melakukan eksplorasi di kedalaman laut tanpa menggunakan teknologi khusus, menjadi penghalang bagi para ilmuan untuk mendapatkan informasi penting seperti apa kondisi di dasar laut yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu menyelam dibawah kedalaman lebih dari 30 meter disebabkan bertambahnya tekanan air pada tubuh penyelam mempengaruhi kerja otaknya, sehingga ia kehilangan kontrol terhadap geraknya. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk menyelami dasar laut di kedalaman yang bisa mencapai 200 meter, bahkan 1000 meter.

Dalam publikasi ilmiah berjudul Oceans, sekolompok ilmuan mendeskripsikan keadaan di dasar laut sebagai berikut:

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali.

(Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Oceans, London, Mitchell Beazley Publishers, s. 27)

Ada Gelombang Ombak di Dasar Laut

Penelitian ilmuan baru-baru ini, mereka menemukan sesuatu yang unik, yaitu adanya gelombang di dasar lautan, hal ini dapat ditemukan pada lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.

Gelombang di kedalaman laut ini disebut gelombang internal (internal waves), di mana terdapat pada wilayah perairan di kedalaman laut dan samudra. Pada kedalaman ini, air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal biasanya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1993, Oceanography, a View of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc., s. 205)

Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an

Sungguh Maha Benar Allah atas segala FirmanNya, dikala teknologi kapal selam belum ditemukan, informasi Al Qur’an 1400 tahu lalu tentang keadaan di dasar lautan seperti yang kita paparkan diatas sangatlah berkesusaian dengan penemuan ilmiah saat ini.

Ini adalah bukti, bahwa Al Qur’an adalah Firman Allah SWT yang mutlak benar, dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

(Al Qur’an An-Nur 24:40)

SubhanAllah…

Mading Online Edisi #2/IV/22

Disusun oleh @ardiyansyahdotcom

Sumber :

  • http://www.keajaibanalquran.com/earth_darkness.html
  • https://www.islam-guide.com/ch1-1-f.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=x7GXLJQ2Zn0
  • https://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=1224
  • http://www.al-habib.info/review/al-quran-kegelapan-lautan.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=39Av1dp-esQ

Style 4

Kisah Imam Syafii Memilih Antara Ilmu Agama atau Syair - Edisi 7-vi-22

Download [PDF]

“Wahai kaum muslimin. Sesungguhnya tidak ada harta yang lebih mulia dan berguna selain ilmu. Tidak ada yang lebih menguntungkan selain adab kesopanan. Tidak ada yang lebih berguna selain akal, tidak ada yang lebih buruk selain sifat pelit,” kata Imam Syafi’i.

“Wahai Imam Syafi’i, Tuan memiliki bakat yang hebat sebagai seorang penyair. Kehebatan Tuan melebihi saya. Tuan akan sangat rugi jika tuan menyia-nyiakan bakat itu,” kata Mus’ab sambil membujuk Imam Syafi’i agar kembali mengarang dan mendeklamasikan puisi.

“Wahai guruku Mus’ab, sesungguhnya saya lebih tertarik pada ilmu agama sehingga saya tidak dapat memberi perhatian penuh pada sastra,” kata Imam Syafi’i pula.

“Tuan cukup memberi dukungan kepada kami, golongan penyair, dengan sesekali mendampingi kami dan menghadiri majelis deklamasi puisi,” pinta Mus’ab. Imam Syafi’i lantas menyetujuinya.

Tidak lama kemudian diadakan pertandingan membaca syair di pasar ‘Ukaz. Banyak temannya yang mendesak Imam Syafi’i untuk mengikuti pertandingan itu. Imam Syafi’i tidak mau menolak permintaan mereka. Akhirnya, Imam Syafi’i mengikuti pertandingan itu.

la membacakan sebuah syair Kabilah Huzail yang panjang. Sebelum itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghafal syair tersebut karena syair itu terlalu panjang. Namun, Imam Syafi’i dapat menghafalnya tanpa kurang sepatah kata pun. Akhirnya, ia menjadi juara dengan mengalahkan gurunya Mus’ab. Imam Syafi’i mendapat hadiah berupa uang dan pakaian yang mahal, tetapi semua hadiah itu diberikan kepada teman-temannya ya memerlukan.

“Saya mengikuti pertandingan itu bukan ingin merebut hadiahnya, tetapi sekadar memenuhi permintaan kamu,” kata Imam Syafi’i.

Karena kehebatannya, ia menjadi tempat rujukan penyair yang ingin mengkaji puisi Arab terutama puisi kabilah Huzail. Namun, minat Imam Syafi’i adalah mempelajari ilmu agama.

Sumber :

Latip Talib, Abdul. 2010. Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran. Selangor, Malaysia : Penerbit Erlangga. Hlm. 57-58

Inilah Rahasia Bahan Pembangunan Piramida Mesir - Edisi 6-V-22

Download [PDF]

Skrip Inilah Rahasia Bahan Konstruksi Pembangunan Piramida Mesir :

Berabad-abad lamanya para ilmuan belum bisa memecahkan rahasia pembangunan piramida di Mesir yang terkenal karena kekohohan bangunannya selama ribuan tahun. Namun, dengan penelitian modern baru-baru ini, masalah ini mulai terjawab dan ajaibnya hal ini diterangkan secara jelas melalui informasi dalam kitab suci ribuan tahun yang lalu sebelum para ilmuan menemukannya.

Dalam koran New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan penemuan ilmiah yang menginformasikan bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramid! Penelitian menyebutkan bahwa batu yang dibuat untuk membangun piramid itu adalah tanah liat yang dipanaskan sehingga membentuk batuan keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya. Disebutkan juga Firaun pada saat itu sangat mahir dalam ilmu kimia untuk memperoses tanah liat menjadi batu yang kokoh yang digunakan sebagai bahan pembangunan piramid.

Profesor Gilles Hug dan Michel Barsoum mengatakan bahwa pembangunan piramida yang paling besar yaitu piramida Giza, dibangun menggunakan dua jenis batu; batu asli dan batu-batu yang dibuat dari olahan tanah liat.

Pada penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Journal of American Ceramic Society, Firaun mengguankan sejenis Slurry (bubur semen dari lumpur) untuk membangun monumen yang tinggi termasuk piramid. Sementara untuk dasar bangunannya digunakan batu alam. Ilmuan asal Perancis Profesor Joseph Davidovits, menjelaskan bahwa batu piramid yang ternyata berasal dari unsur tanah dan lumpur, ia mengatakan :

“Setelah melakukan beberapa uji coba dan eksperimen terhadap batu-batu piramida, begitu juga dengan lapisan dindingnya, saya katakan bahwa, batu-batu piramida tersebut ternyata terdiri dari unsur elemen tanah dan lumpur terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.”

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Pembuatan Piramid

SubhnAllah.. penemuan ilmuan terkini mengenai pembangunan piramid di Mesir jauh-jauh hari telah di informasikan dalam Al Quran 14 abad yang lalu, pembuatan bangunan-bangunan yang tinggi seperti Piramid pada masa itu menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya.

Allah Swt. berfirman :

“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta”. (QS. Al-Qashash: 38)

Sumber :

  • Study Says That Egypt’s Pyramids May Include Early Use of Concrete http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
  • The Surprising Truth About How the Great Pyramids Were Built http://www.livescience.com/1554-surprising-truth-great-pyramids-built.html
  • Pembuatan Piramida Menurut Alquran http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso45-pembuatan-piramida-menurut-alquran

Inilah bentuk detail fotorafi makro mata makhluk hidup

Download [PDF]

Skrip Inilah Bentuk Detail Fotografi Makro Mata Makhluk Hidup dengan Resolusi Tinggi :

Lahir pada tahun 1976, Suren Manvelyan mulai memotret ketika ia berumur enam belas tahun dan menjadi fotografer profesional pada tahun 2006. Kiprah fotografinya ia dedikasikan untuk memotret foto makro, proyek foto kreatif, pemandangan dan banyak lagi. Foto Suren telah diterbitkan di berbagai majalah dan koran di Armenia dan di seluruh dunia.

Proyeknya yang bernama Your Beautiful Eyes, saat ini menjadi yang paling banyak dilihat saat ini di Behance dengan mencapai 4.011.427 viewers dan merupakan proyek kedua yang paling ‘dihargai’ sepanjang masa dengan 87.704 likes (terakhir kali saat diakses pada 12 Mei 2015).

Suren menerima gelar PhD dalam Fisika Teoritis dari Universitas Negeri Yerevan pada tahun 2001 di mana penelitiannya berfokus pada Quantum Chaos. Ia menerima penghargaan dari Presiden Republik Armenia dalam penelitian di bidang teknologi kuantum.

Maha Kuasa Allah atas segala yang diciptakan-Nya, SubhanAllah…

“…Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

(QS. al-Mulk : 3-4)

Sumber :

 

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Lebah & Sarangnya :

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika

Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara Komunikasi Antar Lebah yang Menakjubkan

Lebah memiliki alat komunikasi yang sangat unik dan sulit dipercaya. Komunikasi unik ini terjadi setelah lebah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Ketika lebah kembali dari sumber makanan, mereka menari di sarangnya. Lebah melakukan tarian ketika sumber makanan ada di dekatnya. Lebah membuat dua garis setengah lingkaran, kemudian kembali ke titik awal.

Lebah juga menunjukkan tarian berbentuk garis bergelombang setengah lingkaran berbentuk angka delapan untuk memberikan informasi tentang jarak dari sumber makanan.

Mata lebah yang bisa merasakan sinar ultraviolet

Mata lebah diciptakan untuk merasakan sinar ultraviolet. Dengan cara ini, sinar ultraviolet yang tercermin dari kelopak bunga akan memberitahukan lebah terbang pada koordinat di mana mereka menemukan bunga yang dipenuhi serbuk sari.

Keajaiban struktur sarang lebah

Para ilmuwan meneliti struktur sempurna sarang lebah ini memiliki perhitungan matematis mengagumkan yang dilakukan sedemikian rupa dan sangat kompleks. Ini adalah desain yang membutuhkan kejelian matematika paling rumit.

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.

Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak manfaat

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Keajaiban Al Qur’an mengenai lebah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan, bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 68-69)

Sumber :

Ensiklopedia mukjizat ilmiah Al Qur’an 14 : Keajaiban lebah / Harun Yahya ; penerjemah, Vicky Nurhayati ; editor, Rizki J. Suherman. Bandung : Sygma Creative Media, 2016

Keajaiban Kristal Es

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Kristal Es | Mading Online Edisi #3/IV/22 :

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi berbagai banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air.

Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya manusia, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tidak hanya itu, sebagian besar planet bumi juga tertutupi oleh air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tahukah Anda bahwasannya air memiliki keajaiban yang sangat luar biasa?

Seorang ilmuwan Jepang, Dr Masaru Emoto telah melakukan penelitian tentang perilaku air dalam bentuk kristal es. Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.

Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop). Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara.

Hasilnya luar biasa, air memang hidup! Dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik / compact disk.

Ketika diuji dengan mengucapkan kata-kata seperti “cinta dan terima kasih” maka hasil foto kristal airnya sungguh dahsyat yakni membentuk kristal air heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika kita mengatakan pada air kalimat “kamu bodoh” maka tidak akan membentuk kristal bahkan gambarnya jelek sekali.

Sumber :

  • Masaru, Emoto. 2007. The true power of water hikmah air dalam olahan jiwa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Masaru, Emoto. 2006. The Hidden Message in Water: Pesan Rahasia Sang Air. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut yang Jarang Diketahui - Mading Online Edisi #2IV22

Download [PDF]

Skrip Tulisan Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut | Mading Online Edisi #2/IV/22

Keterbatasan manusia dalam melakukan eksplorasi di kedalaman laut tanpa menggunakan teknologi khusus, menjadi penghalang bagi para ilmuan untuk mendapatkan informasi penting seperti apa kondisi di dasar laut yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu menyelam dibawah kedalaman lebih dari 30 meter disebabkan bertambahnya tekanan air pada tubuh penyelam mempengaruhi kerja otaknya, sehingga ia kehilangan kontrol terhadap geraknya. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk menyelami dasar laut di kedalaman yang bisa mencapai 200 meter, bahkan 1000 meter.

Dalam publikasi ilmiah berjudul Oceans, sekolompok ilmuan mendeskripsikan keadaan di dasar laut sebagai berikut:

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali.

(Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Oceans, London, Mitchell Beazley Publishers, s. 27)

Ada Gelombang Ombak di Dasar Laut

Penelitian ilmuan baru-baru ini, mereka menemukan sesuatu yang unik, yaitu adanya gelombang di dasar lautan, hal ini dapat ditemukan pada lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.

Gelombang di kedalaman laut ini disebut gelombang internal (internal waves), di mana terdapat pada wilayah perairan di kedalaman laut dan samudra. Pada kedalaman ini, air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal biasanya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1993, Oceanography, a View of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc., s. 205)

Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an

Sungguh Maha Benar Allah atas segala FirmanNya, dikala teknologi kapal selam belum ditemukan, informasi Al Qur’an 1400 tahu lalu tentang keadaan di dasar lautan seperti yang kita paparkan diatas sangatlah berkesusaian dengan penemuan ilmiah saat ini.

Ini adalah bukti, bahwa Al Qur’an adalah Firman Allah SWT yang mutlak benar, dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

(Al Qur’an An-Nur 24:40)

SubhanAllah…

Mading Online Edisi #2/IV/22

Disusun oleh @ardiyansyahdotcom

Sumber :

  • http://www.keajaibanalquran.com/earth_darkness.html
  • https://www.islam-guide.com/ch1-1-f.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=x7GXLJQ2Zn0
  • https://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=1224
  • http://www.al-habib.info/review/al-quran-kegelapan-lautan.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=39Av1dp-esQ

Style 5

Kisah Imam Syafii Memilih Antara Ilmu Agama atau Syair - Edisi 7-vi-22

Download [PDF]

“Wahai kaum muslimin. Sesungguhnya tidak ada harta yang lebih mulia dan berguna selain ilmu. Tidak ada yang lebih menguntungkan selain adab kesopanan. Tidak ada yang lebih berguna selain akal, tidak ada yang lebih buruk selain sifat pelit,” kata Imam Syafi’i.

“Wahai Imam Syafi’i, Tuan memiliki bakat yang hebat sebagai seorang penyair. Kehebatan Tuan melebihi saya. Tuan akan sangat rugi jika tuan menyia-nyiakan bakat itu,” kata Mus’ab sambil membujuk Imam Syafi’i agar kembali mengarang dan mendeklamasikan puisi.

“Wahai guruku Mus’ab, sesungguhnya saya lebih tertarik pada ilmu agama sehingga saya tidak dapat memberi perhatian penuh pada sastra,” kata Imam Syafi’i pula.

“Tuan cukup memberi dukungan kepada kami, golongan penyair, dengan sesekali mendampingi kami dan menghadiri majelis deklamasi puisi,” pinta Mus’ab. Imam Syafi’i lantas menyetujuinya.

Tidak lama kemudian diadakan pertandingan membaca syair di pasar ‘Ukaz. Banyak temannya yang mendesak Imam Syafi’i untuk mengikuti pertandingan itu. Imam Syafi’i tidak mau menolak permintaan mereka. Akhirnya, Imam Syafi’i mengikuti pertandingan itu.

la membacakan sebuah syair Kabilah Huzail yang panjang. Sebelum itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghafal syair tersebut karena syair itu terlalu panjang. Namun, Imam Syafi’i dapat menghafalnya tanpa kurang sepatah kata pun. Akhirnya, ia menjadi juara dengan mengalahkan gurunya Mus’ab. Imam Syafi’i mendapat hadiah berupa uang dan pakaian yang mahal, tetapi semua hadiah itu diberikan kepada teman-temannya ya memerlukan.

“Saya mengikuti pertandingan itu bukan ingin merebut hadiahnya, tetapi sekadar memenuhi permintaan kamu,” kata Imam Syafi’i.

Karena kehebatannya, ia menjadi tempat rujukan penyair yang ingin mengkaji puisi Arab terutama puisi kabilah Huzail. Namun, minat Imam Syafi’i adalah mempelajari ilmu agama.

Sumber :

Latip Talib, Abdul. 2010. Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran. Selangor, Malaysia : Penerbit Erlangga. Hlm. 57-58

Inilah Rahasia Bahan Pembangunan Piramida Mesir - Edisi 6-V-22

Download [PDF]

Skrip Inilah Rahasia Bahan Konstruksi Pembangunan Piramida Mesir :

Berabad-abad lamanya para ilmuan belum bisa memecahkan rahasia pembangunan piramida di Mesir yang terkenal karena kekohohan bangunannya selama ribuan tahun. Namun, dengan penelitian modern baru-baru ini, masalah ini mulai terjawab dan ajaibnya hal ini diterangkan secara jelas melalui informasi dalam kitab suci ribuan tahun yang lalu sebelum para ilmuan menemukannya.

Dalam koran New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan penemuan ilmiah yang menginformasikan bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramid! Penelitian menyebutkan bahwa batu yang dibuat untuk membangun piramid itu adalah tanah liat yang dipanaskan sehingga membentuk batuan keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya. Disebutkan juga Firaun pada saat itu sangat mahir dalam ilmu kimia untuk memperoses tanah liat menjadi batu yang kokoh yang digunakan sebagai bahan pembangunan piramid.

Profesor Gilles Hug dan Michel Barsoum mengatakan bahwa pembangunan piramida yang paling besar yaitu piramida Giza, dibangun menggunakan dua jenis batu; batu asli dan batu-batu yang dibuat dari olahan tanah liat.

Pada penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Journal of American Ceramic Society, Firaun mengguankan sejenis Slurry (bubur semen dari lumpur) untuk membangun monumen yang tinggi termasuk piramid. Sementara untuk dasar bangunannya digunakan batu alam. Ilmuan asal Perancis Profesor Joseph Davidovits, menjelaskan bahwa batu piramid yang ternyata berasal dari unsur tanah dan lumpur, ia mengatakan :

“Setelah melakukan beberapa uji coba dan eksperimen terhadap batu-batu piramida, begitu juga dengan lapisan dindingnya, saya katakan bahwa, batu-batu piramida tersebut ternyata terdiri dari unsur elemen tanah dan lumpur terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.”

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Pembuatan Piramid

SubhnAllah.. penemuan ilmuan terkini mengenai pembangunan piramid di Mesir jauh-jauh hari telah di informasikan dalam Al Quran 14 abad yang lalu, pembuatan bangunan-bangunan yang tinggi seperti Piramid pada masa itu menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya.

Allah Swt. berfirman :

“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta”. (QS. Al-Qashash: 38)

Sumber :

  • Study Says That Egypt’s Pyramids May Include Early Use of Concrete http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
  • The Surprising Truth About How the Great Pyramids Were Built http://www.livescience.com/1554-surprising-truth-great-pyramids-built.html
  • Pembuatan Piramida Menurut Alquran http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso45-pembuatan-piramida-menurut-alquran

Inilah bentuk detail fotorafi makro mata makhluk hidup

Download [PDF]

Skrip Inilah Bentuk Detail Fotografi Makro Mata Makhluk Hidup dengan Resolusi Tinggi :

Lahir pada tahun 1976, Suren Manvelyan mulai memotret ketika ia berumur enam belas tahun dan menjadi fotografer profesional pada tahun 2006. Kiprah fotografinya ia dedikasikan untuk memotret foto makro, proyek foto kreatif, pemandangan dan banyak lagi. Foto Suren telah diterbitkan di berbagai majalah dan koran di Armenia dan di seluruh dunia.

Proyeknya yang bernama Your Beautiful Eyes, saat ini menjadi yang paling banyak dilihat saat ini di Behance dengan mencapai 4.011.427 viewers dan merupakan proyek kedua yang paling ‘dihargai’ sepanjang masa dengan 87.704 likes (terakhir kali saat diakses pada 12 Mei 2015).

Suren menerima gelar PhD dalam Fisika Teoritis dari Universitas Negeri Yerevan pada tahun 2001 di mana penelitiannya berfokus pada Quantum Chaos. Ia menerima penghargaan dari Presiden Republik Armenia dalam penelitian di bidang teknologi kuantum.

Maha Kuasa Allah atas segala yang diciptakan-Nya, SubhanAllah…

“…Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

(QS. al-Mulk : 3-4)

Sumber :

 

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Lebah & Sarangnya :

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika

Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara Komunikasi Antar Lebah yang Menakjubkan

Lebah memiliki alat komunikasi yang sangat unik dan sulit dipercaya. Komunikasi unik ini terjadi setelah lebah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Ketika lebah kembali dari sumber makanan, mereka menari di sarangnya. Lebah melakukan tarian ketika sumber makanan ada di dekatnya. Lebah membuat dua garis setengah lingkaran, kemudian kembali ke titik awal.

Lebah juga menunjukkan tarian berbentuk garis bergelombang setengah lingkaran berbentuk angka delapan untuk memberikan informasi tentang jarak dari sumber makanan.

Mata lebah yang bisa merasakan sinar ultraviolet

Mata lebah diciptakan untuk merasakan sinar ultraviolet. Dengan cara ini, sinar ultraviolet yang tercermin dari kelopak bunga akan memberitahukan lebah terbang pada koordinat di mana mereka menemukan bunga yang dipenuhi serbuk sari.

Keajaiban struktur sarang lebah

Para ilmuwan meneliti struktur sempurna sarang lebah ini memiliki perhitungan matematis mengagumkan yang dilakukan sedemikian rupa dan sangat kompleks. Ini adalah desain yang membutuhkan kejelian matematika paling rumit.

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.

Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak manfaat

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Keajaiban Al Qur’an mengenai lebah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan, bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 68-69)

Sumber :

Ensiklopedia mukjizat ilmiah Al Qur’an 14 : Keajaiban lebah / Harun Yahya ; penerjemah, Vicky Nurhayati ; editor, Rizki J. Suherman. Bandung : Sygma Creative Media, 2016

Keajaiban Kristal Es

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Kristal Es | Mading Online Edisi #3/IV/22 :

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi berbagai banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air.

Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya manusia, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tidak hanya itu, sebagian besar planet bumi juga tertutupi oleh air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tahukah Anda bahwasannya air memiliki keajaiban yang sangat luar biasa?

Seorang ilmuwan Jepang, Dr Masaru Emoto telah melakukan penelitian tentang perilaku air dalam bentuk kristal es. Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.

Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop). Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara.

Hasilnya luar biasa, air memang hidup! Dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik / compact disk.

Ketika diuji dengan mengucapkan kata-kata seperti “cinta dan terima kasih” maka hasil foto kristal airnya sungguh dahsyat yakni membentuk kristal air heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika kita mengatakan pada air kalimat “kamu bodoh” maka tidak akan membentuk kristal bahkan gambarnya jelek sekali.

Sumber :

  • Masaru, Emoto. 2007. The true power of water hikmah air dalam olahan jiwa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Masaru, Emoto. 2006. The Hidden Message in Water: Pesan Rahasia Sang Air. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut yang Jarang Diketahui - Mading Online Edisi #2IV22

Download [PDF]

Skrip Tulisan Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut | Mading Online Edisi #2/IV/22

Keterbatasan manusia dalam melakukan eksplorasi di kedalaman laut tanpa menggunakan teknologi khusus, menjadi penghalang bagi para ilmuan untuk mendapatkan informasi penting seperti apa kondisi di dasar laut yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu menyelam dibawah kedalaman lebih dari 30 meter disebabkan bertambahnya tekanan air pada tubuh penyelam mempengaruhi kerja otaknya, sehingga ia kehilangan kontrol terhadap geraknya. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk menyelami dasar laut di kedalaman yang bisa mencapai 200 meter, bahkan 1000 meter.

Dalam publikasi ilmiah berjudul Oceans, sekolompok ilmuan mendeskripsikan keadaan di dasar laut sebagai berikut:

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali.

(Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Oceans, London, Mitchell Beazley Publishers, s. 27)

Ada Gelombang Ombak di Dasar Laut

Penelitian ilmuan baru-baru ini, mereka menemukan sesuatu yang unik, yaitu adanya gelombang di dasar lautan, hal ini dapat ditemukan pada lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.

Gelombang di kedalaman laut ini disebut gelombang internal (internal waves), di mana terdapat pada wilayah perairan di kedalaman laut dan samudra. Pada kedalaman ini, air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal biasanya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1993, Oceanography, a View of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc., s. 205)

Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an

Sungguh Maha Benar Allah atas segala FirmanNya, dikala teknologi kapal selam belum ditemukan, informasi Al Qur’an 1400 tahu lalu tentang keadaan di dasar lautan seperti yang kita paparkan diatas sangatlah berkesusaian dengan penemuan ilmiah saat ini.

Ini adalah bukti, bahwa Al Qur’an adalah Firman Allah SWT yang mutlak benar, dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

(Al Qur’an An-Nur 24:40)

SubhanAllah…

Mading Online Edisi #2/IV/22

Disusun oleh @ardiyansyahdotcom

Sumber :

  • http://www.keajaibanalquran.com/earth_darkness.html
  • https://www.islam-guide.com/ch1-1-f.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=x7GXLJQ2Zn0
  • https://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=1224
  • http://www.al-habib.info/review/al-quran-kegelapan-lautan.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=39Av1dp-esQ

Style 6

Kisah Imam Syafii Memilih Antara Ilmu Agama atau Syair - Edisi 7-vi-22

Download [PDF]

“Wahai kaum muslimin. Sesungguhnya tidak ada harta yang lebih mulia dan berguna selain ilmu. Tidak ada yang lebih menguntungkan selain adab kesopanan. Tidak ada yang lebih berguna selain akal, tidak ada yang lebih buruk selain sifat pelit,” kata Imam Syafi’i.

“Wahai Imam Syafi’i, Tuan memiliki bakat yang hebat sebagai seorang penyair. Kehebatan Tuan melebihi saya. Tuan akan sangat rugi jika tuan menyia-nyiakan bakat itu,” kata Mus’ab sambil membujuk Imam Syafi’i agar kembali mengarang dan mendeklamasikan puisi.

“Wahai guruku Mus’ab, sesungguhnya saya lebih tertarik pada ilmu agama sehingga saya tidak dapat memberi perhatian penuh pada sastra,” kata Imam Syafi’i pula.

“Tuan cukup memberi dukungan kepada kami, golongan penyair, dengan sesekali mendampingi kami dan menghadiri majelis deklamasi puisi,” pinta Mus’ab. Imam Syafi’i lantas menyetujuinya.

Tidak lama kemudian diadakan pertandingan membaca syair di pasar ‘Ukaz. Banyak temannya yang mendesak Imam Syafi’i untuk mengikuti pertandingan itu. Imam Syafi’i tidak mau menolak permintaan mereka. Akhirnya, Imam Syafi’i mengikuti pertandingan itu.

la membacakan sebuah syair Kabilah Huzail yang panjang. Sebelum itu, tidak ada seorangpun yang dapat menghafal syair tersebut karena syair itu terlalu panjang. Namun, Imam Syafi’i dapat menghafalnya tanpa kurang sepatah kata pun. Akhirnya, ia menjadi juara dengan mengalahkan gurunya Mus’ab. Imam Syafi’i mendapat hadiah berupa uang dan pakaian yang mahal, tetapi semua hadiah itu diberikan kepada teman-temannya ya memerlukan.

“Saya mengikuti pertandingan itu bukan ingin merebut hadiahnya, tetapi sekadar memenuhi permintaan kamu,” kata Imam Syafi’i.

Karena kehebatannya, ia menjadi tempat rujukan penyair yang ingin mengkaji puisi Arab terutama puisi kabilah Huzail. Namun, minat Imam Syafi’i adalah mempelajari ilmu agama.

Sumber :

Latip Talib, Abdul. 2010. Imam Syafi’i Pejuang Kebenaran. Selangor, Malaysia : Penerbit Erlangga. Hlm. 57-58

Inilah Rahasia Bahan Pembangunan Piramida Mesir - Edisi 6-V-22

Download [PDF]

Skrip Inilah Rahasia Bahan Konstruksi Pembangunan Piramida Mesir :

Berabad-abad lamanya para ilmuan belum bisa memecahkan rahasia pembangunan piramida di Mesir yang terkenal karena kekohohan bangunannya selama ribuan tahun. Namun, dengan penelitian modern baru-baru ini, masalah ini mulai terjawab dan ajaibnya hal ini diterangkan secara jelas melalui informasi dalam kitab suci ribuan tahun yang lalu sebelum para ilmuan menemukannya.

Dalam koran New York Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan penemuan ilmiah yang menginformasikan bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramid! Penelitian menyebutkan bahwa batu yang dibuat untuk membangun piramid itu adalah tanah liat yang dipanaskan sehingga membentuk batuan keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya. Disebutkan juga Firaun pada saat itu sangat mahir dalam ilmu kimia untuk memperoses tanah liat menjadi batu yang kokoh yang digunakan sebagai bahan pembangunan piramid.

Profesor Gilles Hug dan Michel Barsoum mengatakan bahwa pembangunan piramida yang paling besar yaitu piramida Giza, dibangun menggunakan dua jenis batu; batu asli dan batu-batu yang dibuat dari olahan tanah liat.

Pada penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Journal of American Ceramic Society, Firaun mengguankan sejenis Slurry (bubur semen dari lumpur) untuk membangun monumen yang tinggi termasuk piramid. Sementara untuk dasar bangunannya digunakan batu alam. Ilmuan asal Perancis Profesor Joseph Davidovits, menjelaskan bahwa batu piramid yang ternyata berasal dari unsur tanah dan lumpur, ia mengatakan :

“Setelah melakukan beberapa uji coba dan eksperimen terhadap batu-batu piramida, begitu juga dengan lapisan dindingnya, saya katakan bahwa, batu-batu piramida tersebut ternyata terdiri dari unsur elemen tanah dan lumpur terutama dibagian yang tinggi piramida di mana sulit untuk menaikkan batu alam.”

Keajaiban Al Qur’an Mengenai Pembuatan Piramid

SubhnAllah.. penemuan ilmuan terkini mengenai pembangunan piramid di Mesir jauh-jauh hari telah di informasikan dalam Al Quran 14 abad yang lalu, pembuatan bangunan-bangunan yang tinggi seperti Piramid pada masa itu menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya.

Allah Swt. berfirman :

“Dan berkata Fir’aun: “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah Hai Haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang Tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta”. (QS. Al-Qashash: 38)

Sumber :

  • Study Says That Egypt’s Pyramids May Include Early Use of Concrete http://www.nytimes.com/2006/12/01/science/01pyramid.html?ref=science
  • The Surprising Truth About How the Great Pyramids Were Built http://www.livescience.com/1554-surprising-truth-great-pyramids-built.html
  • Pembuatan Piramida Menurut Alquran http://www.republika.co.id/berita/koran/dialog-jumat/14/11/07/nenhso45-pembuatan-piramida-menurut-alquran

Inilah bentuk detail fotorafi makro mata makhluk hidup

Download [PDF]

Skrip Inilah Bentuk Detail Fotografi Makro Mata Makhluk Hidup dengan Resolusi Tinggi :

Lahir pada tahun 1976, Suren Manvelyan mulai memotret ketika ia berumur enam belas tahun dan menjadi fotografer profesional pada tahun 2006. Kiprah fotografinya ia dedikasikan untuk memotret foto makro, proyek foto kreatif, pemandangan dan banyak lagi. Foto Suren telah diterbitkan di berbagai majalah dan koran di Armenia dan di seluruh dunia.

Proyeknya yang bernama Your Beautiful Eyes, saat ini menjadi yang paling banyak dilihat saat ini di Behance dengan mencapai 4.011.427 viewers dan merupakan proyek kedua yang paling ‘dihargai’ sepanjang masa dengan 87.704 likes (terakhir kali saat diakses pada 12 Mei 2015).

Suren menerima gelar PhD dalam Fisika Teoritis dari Universitas Negeri Yerevan pada tahun 2001 di mana penelitiannya berfokus pada Quantum Chaos. Ia menerima penghargaan dari Presiden Republik Armenia dalam penelitian di bidang teknologi kuantum.

Maha Kuasa Allah atas segala yang diciptakan-Nya, SubhanAllah…

“…Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.”

(QS. al-Mulk : 3-4)

Sumber :

 

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Lebah & Sarangnya :

Keajaiban Lebah & Sarangnya

Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika

Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara Komunikasi Antar Lebah yang Menakjubkan

Lebah memiliki alat komunikasi yang sangat unik dan sulit dipercaya. Komunikasi unik ini terjadi setelah lebah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.

Ketika lebah kembali dari sumber makanan, mereka menari di sarangnya. Lebah melakukan tarian ketika sumber makanan ada di dekatnya. Lebah membuat dua garis setengah lingkaran, kemudian kembali ke titik awal.

Lebah juga menunjukkan tarian berbentuk garis bergelombang setengah lingkaran berbentuk angka delapan untuk memberikan informasi tentang jarak dari sumber makanan.

Mata lebah yang bisa merasakan sinar ultraviolet

Mata lebah diciptakan untuk merasakan sinar ultraviolet. Dengan cara ini, sinar ultraviolet yang tercermin dari kelopak bunga akan memberitahukan lebah terbang pada koordinat di mana mereka menemukan bunga yang dipenuhi serbuk sari.

Keajaiban struktur sarang lebah

Para ilmuwan meneliti struktur sempurna sarang lebah ini memiliki perhitungan matematis mengagumkan yang dilakukan sedemikian rupa dan sangat kompleks. Ini adalah desain yang membutuhkan kejelian matematika paling rumit.

Lebah menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Kemiringan ini mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah.

Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat ini.

Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak manfaat

Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina.

Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari dan propolis (getah lebah) dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter asal Rumania mengatakan bahwa ia mencoba menggunakan madu untuk mengobati pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh sama sekali. Para dokter asal Polandia juga mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa getah lebah (bee resin) dapat membantu menyembuhkan banyak penyakit seperti bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis dan berbagai penyakit lainnya.

Keajaiban Al Qur’an mengenai lebah

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Tuhan, bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 68-69)

Sumber :

Ensiklopedia mukjizat ilmiah Al Qur’an 14 : Keajaiban lebah / Harun Yahya ; penerjemah, Vicky Nurhayati ; editor, Rizki J. Suherman. Bandung : Sygma Creative Media, 2016

Keajaiban Kristal Es

Download [PDF]

Skrip Keajaiban Kristal Es | Mading Online Edisi #3/IV/22 :

Air adalah sumber kehidupan, tanpa air makhluk hidup akan mati. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 70% air. Sel-sel tubuh kita berisi berbagai banyak hal, tapi tidak ada yang lebih banyak atau lebih penting dari air.

Bagian terbesar dari darah yang mengalir ke seluruh tubuh kita adalah air. Tidak hanya manusia, tapi sebagian besar dari tubuh seluruh makhluk hidup terdiri dari air. Tidak hanya itu, sebagian besar planet bumi juga tertutupi oleh air. Tampaknya kehidupan ini mustahil ada tanpa air.

Tahukah Anda bahwasannya air memiliki keajaiban yang sangat luar biasa?

Seorang ilmuwan Jepang, Dr Masaru Emoto telah melakukan penelitian tentang perilaku air dalam bentuk kristal es. Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.

Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop). Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara.

Hasilnya luar biasa, air memang hidup! Dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik / compact disk.

Ketika diuji dengan mengucapkan kata-kata seperti “cinta dan terima kasih” maka hasil foto kristal airnya sungguh dahsyat yakni membentuk kristal air heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika kita mengatakan pada air kalimat “kamu bodoh” maka tidak akan membentuk kristal bahkan gambarnya jelek sekali.

Sumber :

  • Masaru, Emoto. 2007. The true power of water hikmah air dalam olahan jiwa. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Masaru, Emoto. 2006. The Hidden Message in Water: Pesan Rahasia Sang Air. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut

Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut yang Jarang Diketahui - Mading Online Edisi #2IV22

Download [PDF]

Skrip Tulisan Fenomena Gelombang Internal di Dasar Laut | Mading Online Edisi #2/IV/22

Keterbatasan manusia dalam melakukan eksplorasi di kedalaman laut tanpa menggunakan teknologi khusus, menjadi penghalang bagi para ilmuan untuk mendapatkan informasi penting seperti apa kondisi di dasar laut yang sebenarnya.

Hal ini dikarenakan manusia tidak mampu menyelam dibawah kedalaman lebih dari 30 meter disebabkan bertambahnya tekanan air pada tubuh penyelam mempengaruhi kerja otaknya, sehingga ia kehilangan kontrol terhadap geraknya. Untuk itu diperlukan peralatan khusus untuk menyelami dasar laut di kedalaman yang bisa mencapai 200 meter, bahkan 1000 meter.

Dalam publikasi ilmiah berjudul Oceans, sekolompok ilmuan mendeskripsikan keadaan di dasar laut sebagai berikut:

Kegelapan dalam lautan dan samudra yang dalam dijumpai pada kedalaman 200 meter atau lebih. Pada kedalaman ini, hampir tidak dijumpai cahaya. Di bawah kedalaman 1000 meter, tidak terdapat cahaya sama sekali.

(Elder, Danny; and John Pernetta, 1991, Oceans, London, Mitchell Beazley Publishers, s. 27)

Ada Gelombang Ombak di Dasar Laut

Penelitian ilmuan baru-baru ini, mereka menemukan sesuatu yang unik, yaitu adanya gelombang di dasar lautan, hal ini dapat ditemukan pada lapisan-lapisan air laut yang memiliki kerapatan atau massa jenis yang berbeda.

Gelombang di kedalaman laut ini disebut gelombang internal (internal waves), di mana terdapat pada wilayah perairan di kedalaman laut dan samudra. Pada kedalaman ini, air laut memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibanding lapisan air di atasnya. Gelombang internal memiliki sifat seperti gelombang permukaan. Gelombang ini dapat pecah, persis sebagaimana gelombang permukaan. Gelombang internal biasanya tidak dapat dilihat oleh mata manusia, tapi keberadaannya dapat dikenali dengan mempelajari suhu atau perubahan kadar garam di tempat-tempat tertentu. (Gross, M. Grant; 1993, Oceanography, a View of Earth, 6. edition, Englewood Cliffs, Prentice-Hall Inc., s. 205)

Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an

Sungguh Maha Benar Allah atas segala FirmanNya, dikala teknologi kapal selam belum ditemukan, informasi Al Qur’an 1400 tahu lalu tentang keadaan di dasar lautan seperti yang kita paparkan diatas sangatlah berkesusaian dengan penemuan ilmiah saat ini.

Ini adalah bukti, bahwa Al Qur’an adalah Firman Allah SWT yang mutlak benar, dan tidak ada keraguan sedikitpun didalamnya.

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.”

(Al Qur’an An-Nur 24:40)

SubhanAllah…

Mading Online Edisi #2/IV/22

Disusun oleh @ardiyansyahdotcom

Sumber :

  • http://www.keajaibanalquran.com/earth_darkness.html
  • https://www.islam-guide.com/ch1-1-f.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=x7GXLJQ2Zn0
  • https://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=1224
  • http://www.al-habib.info/review/al-quran-kegelapan-lautan.htm
  • https://www.youtube.com/watch?v=39Av1dp-esQ